15.Star
div style="position: fixed; bottom: 0px; left: 0px;width:110px;height:130px;">
Widget Animasi

Jumat, 30 November 2012

ELEKTRONIKA XI.IPA SEMESTER 1


Menentukan kaki transistor
Setelah mengetahui apakah transistor tersebut jenis PNP atau NPN maka selanjutnya anda harus mengetahui kaki-kai transistor (tap tap transistor).Sebab jika salah menentukan kaki transistor dalam perakitan atau penyolderan anda akan gagal. Mereparasi atau membuat rangkaian elektronika. Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menentukan kaki-kaki transistor (tap tap transistor) adalah dengan mencoba symbol atau tanda dari pabrik dsbnya.
Ada juga macam transistor lain, yang kaki emitornya diberi tanda kepingan lidah menjorok ke luas persis kepingan plat menjorok keluar itu adalah tap atau emitor. Disamping itu bisa dilihat dengan cara membalik transistor kemudian coba khayalkan garis lurus pada garis lurus adalah kaki kolektor dan kolektor lalu khayalkan garis segitiga sudut segitiga itulah kaki basisnya.
Mencegah panas pada transistor
Setiap komponen yang bernama transistor jika bekerja (mendapat arus listrik) maka suhunya akan turun naik. Namun maksimal suhu adalah 70 c. oleh sebab itulah, banyak transistor yang diberi rangkaian sebagai pencegah panas. Hal-hal yang harus diperhatikan terhadap transistor adalah sebagai berikut:
v  Jika transistor panas, maka tahannya menjadi kecil. Aliran listrik yang diperlukan rangkaian elektronika lebih besar. Dengan demikian arus pada baterai cepat habis.
v  Transistor tidak tahan terhadap panas yang berlebihan. Jika transistor terkena panas berlebihan akan menjadi arus.
v  Jika transistor terkena panas berlebihan maka tahanan dalam transistor akan mengecil dan penguatan yang dilaksanakan akan naik pengaruh pada hasil bunyi yang ditimbulkan menajdi tidak bagus karena cacat.
Agar tidak menjadi sebagaimana hal-hal yang telah disebutkan di atas, maka biasanya lakukan pencegahan panas sebagai berikut:
v  Transistor dilengkapi dengan plat pendingin yang dipasang pada chasis. Hal ini akan memberikan bantuan yang besar dalam mengurangi panas transistor.
v  Pada tabung transistor biasanya dipasang plat pendingin, karena dengan plat pendingin panas pada tubuh transistor akan mengalir ke plat tersebut sehingga panas bisa dikurangi
v  Pada tubuh transistor dilengkapi plat rusuk-rusuk pendingin yang berfungsi membuat panas
v  Pada kaki emitor dilengkapi dengan rangkaian tahan dan kondensator simpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar