15.Star
div style="position: fixed; bottom: 0px; left: 0px;width:110px;height:130px;">
Widget Animasi

Jumat, 30 November 2012

PENJAS XI.IPA SEMESTER 2



A. Atletik 
 Lari sambung II Pada semester I telah dijelaskan mengenai lari sambung terutama penerimaan tongkat estafet dengan cara tidak menoleh ke belakang (nonvisual). Cara visual dan non visual hampir sama perbedaannya terutama pada nama dan cara penyerahan tongkat.Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam nomor lari estafet adalah sebagai berikut :a). Bagi penerima tongkat estafet :
Tentukan tanda-tanda setepat-tepatnya sesuai hasil latihan: 
Lakukanlah start tepat pada waktu pemberi sampai pada tanda, janganterlalu cepat atau terlalu lambat. Lakukanlah start secepat-cepatnya agar segera dapat mencapaikecepatan tertinggi. waktu tangan ke belakang, tangan jangan goyang / bergerak.
Pabila terlalu awal melakukan start dan setelah kira-kira 10 meter  belum terkejar, hendaknya kecepatan larinya dikurangi sedikitsehingga dapat menerima tongkat sebelum melewati batas daerah pertukaran tongkat. Jangan mengurangi kecepatan secara mendadak apalagi berhenti.Agar tidak melewati batas daerah pertukaran tongkat , hendaknya startdilakukan 10 meter sebelum garis batas permulaan pergantian.
 b). Bagi pemberi tongkat estafet. Jangan sampai terjadi kegagalan dalam pemberian tongkat Apabila penerima tongkat terlalu cepat terkejar, usahakan jangansampai menabraknya, tetapi larilah di samping penerima dan jangantergesa ± gesa memberikan tongkat sebelum penerima siap menerimatongkat dengan baik. Jangan melepaskan tongkat dan mengurangai kecepatan sebelum yakintongkat itu telah diterima. Larilah terus dengan mengurangi kecepatansedikit demi sedikitdi lintasannya sendiri agar jangan mengganggu pelari regu lain.
Cara
Menentukan urutan pelari  
 a). Pelari pertama
Pelari yang punya kemampuan start baik dan pelari di tikungan yang baik.
Pelari dengan kemampuan kecepatan yang tinggi, tetapi daya tahannyakurang apabila dibandingkan pelari lain. 
b). Pelari kedua
Pelari yang terampil dan bertanggung jawab sebab pelari inimempunyai tugas ganda , yaitu sebagai penerima dan pemberi tongkat. Pelari dengan kemampuan daya tahan yang baik karena harusmenempuh jarak 120-130 meter .Kemampuan lari di tikungan kurang .c). Pelari ke tiga
Kemampuan lari di tikungan baik. Larinya sama dengan pelari ke dua.
d). Pelari ke empat Pelari yang tercepat Pelari yang mempunyai semangat tinggi karena sebagai penentukalah/menang regunya.Kesalahan dalam pergantian tongkat ( lari 4 x 100 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar